Visi :

Menjadi Program Studi yang mumpuni dalam pengembangan masyarakat marjinal di dalam dan sekitar hutan tropis melalui pemberdayaan komunitas, tanggung jawab sosial perusahaan dan kebijakan pembangunan yang memihak pada nilai-nilai sosial kemanusiaan.

Misi :

– Misi Pendidikan : Menyelenggarakan pendidikan tingkat sarjana Ilmu Sosiatri/Pembangunan Sosial yang mumpuni dalam pendampingan, pemberdayaan masyarakat marjinal, dan advokasi kebijakan yang berpihak kepada demokrasi dan kemanusiaan.

– Misi Penelitian : Mengembangkan penelitian-penelitian pemetaan sosial dan riset-riset aksi (action research) terutama berkaitan dengan masalah-masalah masyarakat marjinal wilayah seputar industri pertambangan, perkebunan dan kehutanan untuk mendukung upaya fasilitasi, pemeberdayaan dan advokasi kebijakan sosial untuk masyarakat marjinal.

– Misi Pemberdayaan : Mengembangkan model-model fasilitasi, pendampingan, pengorganisasian sosial dan advokasi kebijakan yang menyumbang pada percepatan upaya-upaya mencapai kesejahteraan masyarakay yang terpinggirkan.